Mengapa Perlu Mahir Berbahasa Inggris

ba·ha·sa  n 1 Ling sistem lambang bunyi yg arbitrer, yg digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Kita telah ketahui bahasa adalah kunci utama pada ilmu pengetahuan, dengan bahasa manusia dapat berkomunikasi, berbagi informasi, belajar dan sebagainya. Peran bahasa dalam persebaran ilmu pengetahuan sangat vital sekali, diera modern ini ilmu pengetahuan semakin berkembang dengan pesat dan semakin bermacam-macam, tidak lagi dalam tahun ataupun bulan namun dalam setiap hari bahkan jam.
Warna biru : bahasa inggris sebagai bahasa utama
Warna abu-abu : bahasa inggris sebagai bahasa kedua


Dewasa ini bahasa inggris adalah bahasa yang paling luas persebaran  penuturnya baik sebagai bahasa resmi ataupun bahasa kedua, karena itulah bahasa inggris saat ini menjadi bahasa utama internasional. Jadi tidaklah heran bilamana  ilmu pengetahuan yang ada di pelbagai dunia ini tersebarkan oleh bahasa inggris. salah satu syarat untuk mampu berkompeten dalam perkembangan dunia adalah diperlukanya berbahasa inggris yang baik bagi SDM nya, khususnya di Indonesia.

Beberapa manfaat konkrit dari pandai berbahasa inggris adalah kita dapat menyerap ilmu pengetahuan yang lalu-lalang dalam dunia internasional, melalui berbagai media. Dengan terus menyerap ilmu pengetahuan dari bahasa inggris maka semakin banyak pula khazanah ilmu pengetahuan yang di dapat, dan tidak lagi bergantung pada bahasa indonesia saja. Misalnya saja pada ilmu fisika tentang atom, di indonesia masih terdengar bahwa komposisi atom hanya terdiri dari proton,neutron,dan elektron namun saat ini telah diketahui  komposisi atom bukan hanya  itu saja, masih ada partikel-partikel elementer seperti gluon, lepton, quark, neutrino dan baru-baru ini organisasi eropa untuk riset nuklir CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire) yang berbasis di perbatasan antara Perancis dan Swiss mengklaim telah menemukan partikel elementer  higgs boson. Jika kita bandingkan,  ilmu pengetahuan yang kita dapat masih cukup tertinggal dengan ilmu pengetahuan di dunia internasional. kita dapat memperoleh informasi tadi tentulah dengan menggunakan bahasa inggris, ingin penemuan atau penelitian kita tersebar luas di dunia tentu  dengan menggunakan bahasa inggris begitu pula sebaliknya jika kita ingin mendapat ilmu pengetahuan yang lebih dari dunia internasional.

Di PBB, NATO,Uni Eropa dan organisasi-organisasi tingkat dunia pun menggunakan bahasa inggris. Para pendiri negara ini seperti Soekarno, Moh.Hatta dan Ki Hajar Dewantara pun pandai berbahasa inggris, bahkan Soekarno mahir dalam berbagai bahasa sekaligus. Almarhum Prof Dr Sudjoko, pengamat bahasa dan guru besar Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, menulis di sebuah harian nasional edisi 20 Mei 1987 : ”….. Lalu muncul ahli bahasa yang bernama Ir Soekarno. Bahasa-bahasa Belanda, Inggris, Jerman, Prancis, Sunda, Jawa, dan tentu saja bahasa Indonesia menyembur dari lidahnya dan penanya secara meyakinkan. Bahasa latin, Sansekerta, dan Arab diketahuinya ala kadarnya …”. Maka tak heran kenapa mereka bisa menjadi pilar bangsa ini di eranya.

Dengan mahir berbahasa inggris kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang dari luar negeri  sekali pun orang tersebut dari italia atau spanyol yang nyata sangat berbeda bahasanya, kemudian kita dapat pula melanjutkan study ke luar negeri walaupun itu di  jepang, dan mendapatkan pekerjaan yang baik, sekali pun itu di india. Begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh jika kita mahir dalam berbahasa inggris.

Begitulah kira-kira kenapa kita sebagai golongan terdidik perlu untuk belajar bahasa inggris.

0 Response to "Mengapa Perlu Mahir Berbahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel