PKM-K : LELANG HOTWHEELS ONLINE Kewirausahaan Hotwheels Berbasis Onlineshop Jejaring Sosial Facebook



RINGKASAN

Hot Wheels adalah mainan mobil berbahan metal (die cast) yang diproduksi sejak tahun 1968 oleh produsen mainan anak-anak Mattel Inc., yang juga memproduksi mainan mobil-mobilan bermerk Matchbox yang telah lebih dulu masuk ke Indonesia. Di Indonesia, penggemar hotwheel cukup banyak baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Di Lampung sendiri ada beberapa perkumpulan penggemar hotwheel seperti lampung diecast community (LDC ) dan diecast lampung (Decal).

Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di dunia, selain sebagai jejaring social facebook dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk bisnis online, berbeda dari media jual beli online lainya yang mengharuskan para pembeli untuk berkunjung ke halaman website kita secara one by one, metode onlineshop via facebook ini mampu mempertemukan penjual dan pembeli secara face to face layaknya sebuah pasar melalui fitur chatting.

Pada bisnis lelang online ini saya menggunakan sistem online melalui media jejaring sosial Facebook, tata cara lelang kurang lebih mirip dengan lelang yang pada umumnya dilakukan di pasar lelang, berikut penjabaranya : 
1. Foto-foto hotwheel yang dilelang di unggah ke facebook menggunakan layanan album foto beserta peraturanya kemudian disetiap foto diberi keterangan open bid (OB), next bid (NB), dan buy it now (BIN) serta waktu penutupan lelang. Lalu album tersebut dishare ke berbagai grup pasar hotwheel. 

2. Para peserta lelang dapat melakukan penawaran dengan mengomentari foto-foto tersebut dengan nominal yang sudah di tentukan, lelang berakhir pada waktu yang sudah ditentukan oleh pemilik lelang, pemenang lelang didasarkan pada  harga tertinggi yang ditawarkan oleh peserta lelang atau yang melakukan BIN. Pemenang lelang diumumkan melalui invoice lelang yang dimenangkan beserta harga yang harus dibayarkan. 

3. Hotwheel dikirimkan setelah peserta membayar lunas melalui transfer bank.

Bisnis online ini cukup menjanjikan jika barang yang disuplai berasal dari distributor utama PT. Emway Globalindo, karena harga yang yang dibutuhkan untuk 1 dus hotwheels yang berisi 72 biji hotwheels berkisar Rp. 1.250.000 atau setara dengan Rp. 17.500 jadi saat dijual dengan harga Rp. 20.000 masih memberikan keuntungan dibandingkan dari menyuplai barang dari mall dan supermarket yang rata-rata berharga Rp. 25.000, dengan harga modal lebih murah maka saya dapat bersaing dengan pedagang lainya.


Download file lengkapnya di sini

Screenshot lelang hotwheels online via Facebook :



0 Response to "PKM-K : LELANG HOTWHEELS ONLINE Kewirausahaan Hotwheels Berbasis Onlineshop Jejaring Sosial Facebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel