PKM-GT : TAKSONCARD NAMI : Permainan Kartu Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Nama Ilmiah Mahluk Hidup Yang Asik



RINGKASAN

Kata taksonomi diambil dari bahasa Yunani tassein yang berarti untuk mengelompokkan dan nomos yang berarti aturan. Taksonomi dapat diartikan sebagai pengelompokan suatu hal berdasarkan hierarki (tingkatan) tertentu. Di mana taksonomi yang lebih tinggi bersifat lebih umum dan taksonomi yang lebih rendah bersifat lebih spesifik. Dalam biologi, taksonomi juga merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia (Wikipedia, 2014).

Pada sebagian siswa SMP dan SMA pernah mengalami hambatan dalam menghafal nama ilmiah mahluk hidup, umumnya para siswa menghafal nama ilmiah mahluk hidup menggunakan metode konvensional seperti membuat catatan-catatan kecil, menghafal dari buku atau kamus, dan mendengarkan penjelasan langsung dari guru.

Penggunaan nama ilmiah mahluk hidup dalam pembelajaran dengan mengggunakan metode konvensional seperti melalui ceramah dan buku-buku pelajaran dianggap kurang memberikan penjelasan yang konkret, sehingga materi sulit untuk diterima. Alternatif solusi yang ditawarkan untuk menanggapi masalah ini yakni melalui media pembelajaran taksoncard NAMI. Inti permainan ini adalah memasangkan sebuah kartu yang berisi nama ilmiah ke sebuah papan yang berisi sebuah gambar mahluk hidup. Permainan terdiri dari 4 perangkat yakni Professor takson sebagai pemegang bank data NAMI (Nama Ilmiah) dan pengontrol benar atau salahnya taksoncard NAMI yang dipasangkan dengan gambar. Papan gambar berisi kumpulan gambar mahluk hidup beserta nama lokalnya yang tergabung dalam 1 halaman berkotak kotak dengan 100 gambar dan berisi nilai dan informasi menarik mengenai gambar hewan tersebut. Taksoncard NAMI (Nama Ilmiah), berisi nama ilmiah dari gambar yang ada pada papan gambar, dimana pada satu kartu hanya terdiri dari satu nama ilmiah. Pemain, berjumlah 4 orang.

Teknik implementasi yang akan dilakukan dalam dalam menjalankan alternatif ini adalah memberikan pemahaman dan melakukan sosialisasi secara luas kepada siswa dan guru tentang pentingnya menggunakan metode belajar nama ilmiah dengan permainan taksoncard NAMI untuk menambah pemahaman dan ketertarikan siswa dalam belajar. Manfaat yang akan didapat dari aplikasi gagasan ini adalah siswa-siswa yang mengalami kesulitan menghafal dan memahami nama-nama ilmiah dapat terbantu dan teratasi.

Pihak-pihak yang diharapkan dapat membantu mengimplementsikan gagasan ini adalah pemerintah terutama lembaga yang bernaung di bawah kementrian pendidikan, para guru-guru, siswa dan kelompok belajar.

Download file lengkapnya di sini

Design TAKSONCARD NAMI :






0 Response to "PKM-GT : TAKSONCARD NAMI : Permainan Kartu Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Nama Ilmiah Mahluk Hidup Yang Asik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel