PKM-GT : TAKSONCARD NAMI : Permainan Kartu Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Nama Ilmiah Mahluk Hidup Yang Asik
RINGKASAN
Kata taksonomi
diambil dari bahasa Yunani tassein yang berarti untuk mengelompokkan
dan nomos yang berarti aturan. Taksonomi dapat diartikan sebagai
pengelompokan suatu hal berdasarkan hierarki (tingkatan) tertentu. Di mana
taksonomi yang lebih tinggi bersifat lebih umum dan taksonomi yang lebih rendah
bersifat lebih spesifik. Dalam
biologi, taksonomi juga merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sistem yang
dipakai adalah penamaan dengan dua sebutan, yang dikenal sebagai tata nama binomial atau binomial
nomenclature, yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus
Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia (Wikipedia, 2014).
Pada
sebagian siswa SMP dan SMA pernah mengalami hambatan dalam menghafal nama
ilmiah mahluk hidup, umumnya para siswa menghafal nama ilmiah mahluk hidup
menggunakan metode konvensional seperti membuat catatan-catatan kecil,
menghafal dari buku atau kamus, dan mendengarkan penjelasan langsung dari guru.
Penggunaan
nama ilmiah mahluk hidup dalam
pembelajaran dengan mengggunakan metode konvensional seperti melalui ceramah
dan buku-buku pelajaran dianggap kurang memberikan
penjelasan yang konkret, sehingga
materi sulit untuk diterima.
Alternatif solusi yang ditawarkan untuk menanggapi masalah ini yakni melalui
media pembelajaran taksoncard NAMI. Inti permainan ini adalah memasangkan
sebuah kartu yang berisi nama ilmiah ke sebuah papan yang berisi sebuah gambar
mahluk hidup. Permainan terdiri dari 4 perangkat yakni Professor takson sebagai pemegang bank data NAMI (Nama Ilmiah) dan pengontrol benar atau
salahnya taksoncard NAMI yang dipasangkan dengan gambar. Papan gambar berisi kumpulan gambar mahluk
hidup beserta nama lokalnya yang tergabung dalam 1 halaman berkotak
kotak dengan 100 gambar dan berisi
nilai dan informasi menarik mengenai gambar hewan tersebut. Taksoncard NAMI (Nama Ilmiah), berisi nama ilmiah dari gambar yang ada pada papan gambar, dimana pada satu
kartu hanya terdiri dari satu nama ilmiah. Pemain,
berjumlah 4 orang.
Teknik
implementasi yang akan dilakukan dalam dalam menjalankan alternatif ini adalah
memberikan pemahaman dan melakukan sosialisasi secara luas kepada siswa dan
guru tentang pentingnya menggunakan metode belajar nama ilmiah dengan permainan
taksoncard NAMI untuk menambah pemahaman dan ketertarikan siswa dalam belajar.
Manfaat yang akan didapat dari aplikasi gagasan ini adalah siswa-siswa yang
mengalami kesulitan menghafal dan memahami nama-nama ilmiah dapat terbantu dan
teratasi.
Download file lengkapnya di sini
Design TAKSONCARD NAMI :
0 Response to "PKM-GT : TAKSONCARD NAMI : Permainan Kartu Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Nama Ilmiah Mahluk Hidup Yang Asik"
Post a Comment